4 Aplikasi Manajemen Perpustakaan Sekolah Terbaik

4 Aplikasi Manajemen Perpustakaan Sekolah Terbaik

4 Aplikasi Manajemen Perpustakaan Sekolah Terbaik
pijarsekolah sebagai penyedia solusi aplikasi manajemen perpustakaan

Apa sih peranan dari aplikasi perpustakaan? Biasanya aplikasi itu dipakai untuk menangani semua aktivitas di perpustakaan, baik management buku, transaksi pinjaman dan buku, dan yang lain. Biasanya cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan adalah wordpress. Pasti, software ini benar-benar di perlukan untuk pengelola perpustakaan, baik perpustakaan sekolah atau dusun. Karena bila pengurus perpustakaan tidak lakukan pengelolaan yang bagus, akhirnya banyak buku yang nanti hilang.bBisa hilang karena tidak dikembalikan oleh peminjam atau juga bisa karena hal-hal lain.

Aplikasi Manajemen Perpustakaan

Berikut daftar rekomendasi aplikasi perpustakaan sekolah sederhana:

  1. Biblio

Aplikasi perpustakaan yang kami rekomendasikan pertama kalinya ialah BLBIO. Aplikasi ini termasuk simpel, kaya akan fitur, dan dan itu gratis. Dengan memakai BIBLIO, Anda bisa menambah item baru dan mengisi detail-detail buku.

Misalkan nomor daftar, nomor index, bahasa, judul, subyek, ISBN, penulis, penerbit, koleksi, tahun cetak, link, catatan, dan yang lain. Bukan hanya buku, Anda dapat menambahkan item berbentuk majalah, DVD, CD, kaset, dan video.

Nah, bila ada anggota yang tidak mau meminjam buku, Anda bisa menjadikan sebagai ‘presensi’. Untuk mencatat buku yang dipinjamkan, cukup masukan detail nomor daftar, nomor index, atau entri yang lain.

Statusnya juga bisa di setting jadi dipinjam, daftar tunggu, atau cuman dibaca dalam perpustakaan.

Untuk anggota, nanti akan diberi LCN atau nomor anggota. Beberapa datanya juga bisa di backup dalam file RAR atau di unggah ke server.

Sedang untuk laporannya, Anda bisa membuat jumlah anggota, poin yang ada, anggota dengan tanggungan pinjaman, peminjaman, dan yang lain.

Tidak itu saja, Anda dapat manfaatkan webcam untuk mengetahui nomor ISBN. Ditambahkan bila ada catatan penting, dapat ditambahkan pada tab Netbook. Keren kan?

  1. PS02
READ  Trik Memancing Ikan Nila di Waduk Malam Hari

Software Perpustakaan versi PS02 dirancang dan diperkembangkan dengan fitur simpel tetapi mudah dioperasionalkan. Pada intinya, perangkat lunak ini lebih memprioritaskan keringanannya dibanding kecanggihannya.

PS02 ini mempunyai fitur misalnya:

  1. Mendata buku koleksi perpustakaan.
  2. Mendata anggota, baik pelajar, mahasiswa, guru, dosen, staff (bergantung software).
  3. Cetak code batang label.
  4. Cetak kartu anggota.
  5. Cetak daftar judul.
  6. Cetak daftar pengarang.
  7. Cetak cap buku.
  8. Export dan import data dari dan ke MS Excel.
  9. Waktu durasi pinjam.
  10. Laporan berisi beragam data yang terjadi.
  11. dan lain-lain.

 

Perlu Anda ingat, untuk versi gratisnya cuman versi trial, belum full version. Fungsi dari versi trial tersebut yakni sebagai percobaan.

Apa menu yang terhidang sama sesuai dengan yang Anda pesan atau kebalikannya. Bila dirasakan pas, Anda bisa beli lisensi sesuai harga yang ditetapkan.

  1. LMS

Seterusnya ada aplikasi perpustakaan namanya LMS yang datang dengan desain menarik. Aplikasi ini memberikan dukungan Anda untuk lakukan register baik buku, siswa dan guru, barisan, dan register donatur.

Disamping itu, Anda dapat menyaksikan atau menjadikan satu entri dari buku yang dipinjamkan. Misalkan saja seperti keterlambatan buku.

Nach, Anda bisa mengetahuinya dari tanggal buku yang semestinya dikembalikan . Maka, Anda bisa memiminalsir beberapa hal yang tidak diharapkan dari buku yang dipinjamkan.

Ditambahkan dengan membuat laporan yang gampang pasti membuat Anda merasa nyaman saat memakai perangkat lunak LMS.

Misalkan saja laporan daftar buku yang dibaca atau dipinjamkan, buku yang dibalikkan, sejarah atau dafar kisah, dan yang lain.

Untuk pemakaian aplikasi ini, Anda harus memasang Microsoft SQL Server lebih dulu dan sambungkan dengan LMS. Tidak boleh cemas, Anda tidak kebingungan karena sudah disiapkan panduannya.

  1. BiblioteQ
READ  Pengertian Demokrasi di Pemerintahan

Aplikasi management perpustakaan namanya BiblioteQ ini mudah dipakai dan termasuk simpel. Anda bisa manfaatkan aplikasi ini untuk mengurus buku, jurnal, majalah, CD, DVD, photo, bahkan juga video games.

Anda dapat menambah, melakukan modifikasi, menggandakan, dan hapus item-item tertentu dalam menu.

Bila Anda akan membuat jurnal, Anda bisa menambah ISBN, ISSN, nomor keluar, volume, judul, penerbit, tanggal keluar, dan yang lain.

Bila Anda ketahui nomor ISSN atau ISBN, dapat segera mengambil lewat cara online dari City University of New York Union Catalog.

Anda dapat lakukan penelusuran data memakai ID, keyword, kelompok, dan judul. Entahlah itu berbentuk case sensitive atau case insensitive.

Disamping itu, Anda dapat lakukan enumerasi data. Misalkan jenis jilid buku, pola CD, DVD ratio, DVD