Inilah Cara Sederhana Untuk Mencintai Bumi

Inilah Cara Sederhana Untuk Mencintai Bumi

Inilah Cara Sederhana Untuk Mencintai Bumi – Sebagai makhluk yang menghuni bumi, tentu kita harus memiliki kesadaran akan keadaan bumi yang sudah tidak seperti dulu. Perlu kita ketahui kalau bumi yang selama ini menjadi tempat tinggal kita sebenarnya pun sama seperti kita, makhluk hidup yang perlu dijaga, dirawat seisinya. Mulai dari tanah, air, tanaman, dan semua elemen yang ada didalamnya.

Mungkin kita sering terhanyut dengan segala fasilitas yang ada di bumi sampah terlalu berlebihan memanfaatkannya, bahkan kadang kala sampai menyakiti bumi demi keuntungan pribadi. Seperti misalnya menebang pohon secara liar, membuang sampah sembarangan alias bukan di tempat sampah fiber, menggunakan listrik secara berlebihan dan masih banyak hal lainnya.

Sadar atau tidak sadar, semakin kita banyak melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak lingkungan, sama saja kita merusak diri sendiri. Karena jika kualitas alam menurun, tentu kita sebagai makhluk yang tinggal didalamnya pun akan terkena imbasnya.

Oleh karena itu, kenapa kita tidak mencoba beberapa cara sederhana dibawah ini sebagai tanda bukti cinta kita kepada bumi. Sima ulasannya :

1. Menghemat pemakaian listrik

Pemakaian listrik yang berlebihan sama saja dengan membuang bahan bakar fosil yang dibutuhkan, dan ternyata perabot elektronik yang sering kita gunakan ialah penyumbang gas pencemar udara sampai 40% lho. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika kita bisa menghemat pemakaian listrik terutama di siang hari. Sederhana namun sangat berpengaruh untuk bumi  kita tercinta ini.

2. Menanam pohon

Pasti kamu sering mendengar aksi tanam pohon ya? Ya cara ini memang biasa dilakukan untuk penghijauan lingkungan. Pohon memang merupakan salah satu cara alami untuk memberikan kesejukan dan mengatasi global warming. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mengikuti aksi menanam pohon ini, setidaknya kita bisa menanam bunga atau tanaman kecil di sekitaran rumah.

READ  Tidak Perlu Bingung, Cara Kerja Rekber Adalah Seperti Ini!

Bayangkan jika bumi sudah tidak layak lagi untuk dihuni karena pencemaran lingkungan yang disebabkan karena ulah diri kita sendiri. Maka kemana lagi kita harus mengungsi? Oleh sebab itu, sebelum semuanya terlambat, yuk peduli, jaga, dan sayangi bumi kita ini dengan mulai melakukan hal-hal sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas ya.