Mengenal Magnet dan Sifat-Sifatnya

Mengenal Magnet dan Sifat-Sifatnya

magnet

Magnet adalah salah satu benda yang penting di kehidupan sehari-hari manusia. Sebagian besar benda seperti barang electronic menggunakan magnet. Menurut penjelasan di sejumlah situs, magnet merupakan benda yang menghasilkan medan yang menarik atau menolak benda lainnya.

Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetik diantaranya ialah benda yang dibuat dari besi, kobalt, baja, dan nikel. Dan beberapa benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda nonmagnetik. Benda yang dibuat dari tembaga, plastik, karet, aluminium, dan kayu termasuk dalam benda nonmagnetik.

Jenis-jenis magnet

Magnet umumnya terbuat dari logam atau bebatuan yang dapat menarik benda-benda magnetik. Gaya tarik atau tolak antara kutub-kutub tidak senama atau senama disebut dengan kemagnetan. Sifat tersebut disebabkan oleh gerakan elektron dalam atom-atom tersebut. Melansir dari Sumber Belajar Kemendikbud, magnet yang terbuat dari besi mempunyai perbedaan dengan yang terbuat dari baja. Perbedaan bahan magnet tersebut salah satunya ialah:

  • Besi dan baja terbagi dalam atom-atom magnet yang disebut magnet elementer.
  • Besi dan baja yang tidak bersifat magnet susunan magnet elementernya tidak teratur.
  • Besi dan baja yang memiliki sifat magnet susunan magnet elementernya teratur.
  • Magnet elementer pada besi mudah diarahkan.

Magnet memiliki beberapa macam. Berdasarkan bentuknya, magnet terbagi menjadi enam bentuk berbeda, salah satunya:

  • Magnet silinder
  • Magnet jarum
  • Magnet ladam
  • Magnet batang
  • Magnet U
  • Magnet keping

Sifat kemagnetan

Magnet mempunyai karakter atau biasa disebut sifat kemagnetan yang membuatnya unik. Setiap magnet mempunyai dua kutub yakni kutub utara, dan kutub selatan. Kutub magnet merupakan ujung magnet yang mempunyai gaya tarik atau gaya tolak yang besar. Apabila kutub berhubungan, akan muncul sifat dari magnet tersebut salah satunya: Kutub senama atau sejenis akan tolak-menolak.

READ  Sewa Mobil Mitsubishi Pajero Sport di Jakarta

Kutub tidak senama atau tidak sejenis akan tarik-menarik

Seperti penjelasan sebelumnya, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetik. Berdasarkan sifat bahan pada daya tarik magnet, bahan itu terbagi menjadi tiga yakni:

  • Bahan ferromagnetis: Bahan yang tertarik sangat kuat oleh magnet, misalnya ialah Fe (besi), Co (Cobalt), dan Ni (Nikel).
  • Bahan paramagnetis: Bahan yang tertarik magnet dengan gaya yang lemah, misalnya yakni Mn (Mangan) dan Al (Aluminium).
  • Bahan diamagnetis: Bahan yang tidak tertarik magnet, misalnya ialah Au (Emas), Ag (Perak), Zn (Seng), dan Cu (Tembaga).

Cara membuat magnet

Magnet sebenarnya bisa didapatkan di alam, tetapi kita juga bisa membuat sendiri menggunakan beberapa cara. Ada tiga cara untuk membuat magnet yakni dengan menggosok, mengairi listrik, dan induksi. Dilansir dari Berlatih.com berikut cara membuat magnet sementara:

  • Menggosok

Cara ini cukup mudah, Anda perlu menggosokkan batang logam dengan magnet. Gosokkan magnet permanen berulang kali dan satu arah.

  • Mengaliri listrik

Untuk membuat magnet menggunakan arus listrik, pertama-tama lilitkan sebatang logam menggunakan kawat. Hubungkan ujung-ujung kawat tersebut dengan arus listrik. Logam yang dialiri arus listrik akan beralih menjadi magnet. Tetapi sifat kemagnetan logam tersebut akan hilang bila arus listrik dihentikan.

  • Induksi

Cara membuat magnet yang terakhir adalah dengan induksi. Bila besi atau baja didekatkan pada bahan magnet yang kuat, maka besi tersebut akan menjadi magnet. Magnet dan besi tidak perlu didekatkan hingga menyentuh. Sama seperti cara membuat magnet dengan arus listrik, magnet induksi akan hilang sifat kemagnetan nya jika besi dijauhkan dari magnet. Namun jika baja yang jadi bahan membuat magnet, sifat kemagnetannya akan bertahan.

READ  Peluang Usaha Sampingan di Rumah

Pentup: Magnet memang mudah ditemukan disekitar kita khususnya alat alat elektronik untul membantu berjalannya mesin, dan alat pada kehidupan sehari-hari. Untuk itu menambah wawasan terkait magnet diperlukan guna mengetahui fungsi dan pemanfaatannya. Semoga artikel ini bermanfaat!.