Mengenal Restitusi pajak

Mengenal Restitusi pajak

Mengenal Restitusi pajak – Apa itu restitusi pajak.Untuk para pengusaha yang memiliki bisnis pasti sudah biasa mendengar istilah ini.Restitusi pajak merupakan bagian dari piutang lain-lain yang termasuk dalam jenis jenis piutang.Pengertian restitusi Pajak yaitu permohonan untuk pengembalian pembayaran pajak yang diajukan oleh wajib pajak kepada negara.

Umumnya dalam restitusi pajak negara membayarkan kembali atau mengembalikan pajak yang telah dibayar oleh wajib pajak.Nah istilah restitusi pajak ini tercantum dalam UU KUP.Restitusi pajak ini hanya akan terjadi jikalau jumlah kredit pajak ataupun jumlah pajak yang dibayar lebih besar daripada jumlah pajak yang terutang dan dengan catatan wajib pajak tidak memiliki utang pajak lainnya.

Untuk Pajak Penghasilan (PPh) yang kelebihan bayar pajak atas restitusi terjadi jika jumlah kredit pajak lebih besar dari jumlah pajak terutangnya.Hal ini dapa saja terjadi karena dilakukan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terhutang.Seandainya terjadi kelebihan bayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) itu disebabkan oleh masalah di bawah ini.

1. Kelebihan pajak pembelian barang modal Pengusaha Kena Pajak (PKP) pada saat awal usaha dimulai.

2. Pengusaha kena pajak ketika menyerahkan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP) yang memperoleh fasilitas “PPN Tidak Dipungut.

3. Pengusaha Kena Pajak menyerahkan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP) kepada pemungut Pajak Pertambahan(PPN).

4. Kelebihan pajak masukan dalam suatu masa pajak yang dibayar atas perolehan Barang Kena Pajak (BKP) yang diekspor.

+ Tujuan dari Restitusi Pajak

Dengan adanya restitusi pajak banayk Wajib Pajak yang bingung tetapi juga senang tentang tujuan negara dalam membuat fasilitas restitusi dari sistem pajak negara itu sendiri. Kegunaan restitusi pajak ini bertujuan baik proses perlindungan hak dari para Wajib Pajak.Restitusi pajak juga dilandasi atas banyaknya para pelapor yang membuat laporan kelebihan pembayaran pajak yang

READ  Pengertian Prinsip Ekonomi, Tujuan dan Contoh

dilakukan oleh pihak Wajib Pajak.

Selain itu restitusi pajak sebagai jaminan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada para Wajib Pajak.Pengembalian kelebihan pembayaran pajak dapat dilakukan dengan didasari dua keadaan:

1. Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak yang Seharusnya Tidak Terutang (keadaan ini terjadi dimana Wajib Pajak membayar pajak padahal seharusnya tidak terutang pajak),

2. Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak PPh, PPN, dan PPnBM (keadaan ini terjadi dimana Wajib Pajak membayar pajak lebih besar dari yang semestinya).

+ Syarat Percepatan Restitusi Pajak

Bagaimana cara mempercepat restitusi pajak?

Pemerintah melalui kementerian keuangan telah mengeluarkan aturan baru dengan tujuan mempercepat pemberian retribusi kepada wajib pajak yang berhak dan memenuhi kriteria.

Penentuan kriteria tersebut diperoleh dengan penelitian yang sederhana dan juga tanpa harus melalui pemeriksaan.Berikut ini syarat supaya wajib pajak mendapatkan percepatan pemberian restitusi PPh dan PPN:

1. Terdapat 3 kategori wajib pajak yang berhak

mendapatkan percepatan restitusi.Yang pertama, wajib pajak perorangan yang memiliki lebih bayar di bawah atau sama dengan Rp100

juta.Selanjutnya,wajib pajak badan usaha yang memiliki lebih bayar di bawah atau sama dengan Rp1 miliar.Terakhir,PKP dengan lebih bayar di bawah atau sama dengan Rp1 miliar.

2. Wajib pajak yang tepat waktu(on time) menyampaikan SPT,laporan keuangan yang telah diaudit dan tidak memiliki tunggakan pajak serta mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian

(WTP) selama 3 tahun berturut-turut, dan tidak

pernah dipidana di bidang perpajakan dalam

kurun waktu 5 tahun terakhir.

3. PKP berisiko rendah yang ditetapkan menteri

keuangan. Dalam hal ini PKP yang dimaksud

adalah perusahaan terbuka (go public), eksportir mitra utama kepabeanan (MITA) atau reputable trader yang profilnya dimiliki oleh

Ditjen Bea Cukai dan BUMN/BUMD,

READ  Kandungan dan Manfaat Ekstrak Gamat Emas

Demikianlah ulasan mengenai pengertian,tujuan dan syarat mempercepat restitusi pajak.Semoga artikel ini membantu pembaca dalam menambah wawasan dan pengetahuan.Terima kasih sudah membaca postingan ini.