Pengertian Bank Sentral, Tugas dan Perannya

Pengertian Bank Sentral dan Tugasnya – Bank sentral adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut.

Bank Sentral berusaha untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan sistem finansial secara keseluruhan. Di negara Indonesia, fungsi bank sentral diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Bank sentral adalah suatu institusi yang bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas harga atau nilai suatu mata uang yang berlaku di negara tersebut, yang dalam hal ini dikenal dengan istilah inflasi atau naiknya harga-harga yang dalam arti lain turunnya suatu nilai uang.

Pengertian Bank Sentral

Bank Sentral menjaga agar tingkat inflasi terkendali dan selalu berada pada nilai yang serendah mungkin atau pada posisi yang optimal bagi perekonomian. Dengan mengontrol keseimbangan jumlah uang dan barang. Apabila jumlah uang yang beredar terlalu banyak maka bank sentral dengan menggunakan instrumen dan otoritas yang dimilikinya.

Tugas Bank Sentral

Anda sudah mengetahui pengertian bank sentral, maka Anda juga harus tahu akan tugas dari bank ini. Bank sentral yang didirikan berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 1968. Bank sentral memiliki tugas penting kaitannya dengan berbagai sistem financial negara.

Tugas bank sentral adalah mengatur peredaran uang, mengatur perkreditan, mengatur mata uang agar tetap stabil, mengatur pengerahan dana-dana, mengatur perbankan, mengajukan pencetakan atau penambahan mata uang rupiah, dan lain-lain.

Fungsi dan Peran Bank Sentral

Lembaga negara yang berperan untuk bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Kaitannya dengan statusnya sebagai bank sentral, bank Indonesia memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas keuangan negara kita.

Peran bank sentral tersebut adalah menjaga stabilitas moneter antara lain melalui instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka, berperan vital dalam menciptakan kinerja lembaga keuangan yang sehat terutama dalam dunia perbankan, berwenang untuk mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran. Selain itu bisa mengakses informasi-informasi penting yang dinilai mengancam stabilitas keuangan, dan berperan sebagai jaring pengaman sistem keuangan melalui fungsinya sebagai lender of the last resort (LoLR).

Selain perannya tugas dan peranannya, fungsi dari bank sentral juga sangat penting. Fungi bank sentral yang utama adalah mengawasi seluruh aktivitas moneter negara Indonesia.

Fungsi dari bank sentral antara lain yaitu:

1. Bank Sentral sebagai Bankir
2. Memelihara cadangan devisa negara
3. Memelihara cadangan bank umum
4. Mengawasi berbagai kredit yang ada
5. Agen dan Penasehat Pemerintah
6. Mengawasi bank-bank
7. Memperlancar Lalu Lintas Pembayaran
8. Sebagai Bankers bank serta lender of last resort

Demikian informasi mengenai pengertian bank sentral dan fungsi dari bank sentral. Bank sentral bertanggungjawab terhadap segala kebijakan moneter Indonesia yakni Bank Indonesia. Bank sentral tentu sangat berperan sekali dalam keuangan. Semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Tinggalkan komentar