Pengertian Norma Agama dan Contoh Norma Agama

Pengertian Norma Agama dan Contoh Norma Agama – Norma agama adalah petunjuk hidup yang berasal dari Tuhan yang disampaikan melalui utusan-Nya yang berisi perintah, larangan dan anjuran-anjuran.

Definisi Norma Agama

Pengertian norma agama adalah sekumpulan kaidah dan petunjuk hidup yang berasal langsung dari Tuhan melalui ajaran suatu agama. Norma agama menuntut ketaatan mutlak penganut suatu agama. Norma ini mengharuskan penganut suatu agama untuk menaati semua yang diperintahkan dan dilarang agama, sifatnya mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar atau diubah.
pengertian norma agama

Norma agama bagi sebagian manusia yang menyakininya dianggap sebagai norma yang paling tinggi nilainya. Selain mengatur hubungan antara manusia, norma agama juga mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan Yang Maha Esa serta hubungan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Oleh sebab itu, norma ini dapat dijadikan sebagai dasar berpikir, berbuat, dan berperilaku untuk menciptakan kehidupan yang selaras dan serasi.

Pengertian Norma Agama Secara Umum

Setiap manusia mendambakan kehidupan harmonis, tentram, dan damai dalam hidupnya. Tidak ada manusia yang menginginkan hal sebaliknya. Disinilah norma-norma memegang peranan penting untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah norma agama. Norma agama merupakan aturan atau kaidah yang berfungsi sebagai petunjuk, pedoman dan lampu penerang manusia dalam menjalani kehidupannya.

Aturan atau petunjuk hidup ini sifatnya pasti dan tak ada keraguan karena merupakan “hadiah” langsung dari Tuhan YME. Norma agama dapat kita katakan sebagai bentuk kasih sayang Tuhan terhadap manusia, agar manusia dapat selamat dalam menjalani kehidupannya di dunia hingga menuju akhirat nanti.

Contoh Norma Agama

Contoh norma agama dalam kehidupan sehari-hari dapat berwujud dalam bentuk sebagai berikut:
– Mencegah dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama.

– Rajin Beribadah dengan Sebaik-baiknya.
Setiap penganut agama wajib untuk beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Misalnya, umat Muslim di masjid, Nasrani di gereja, Hindu beribadah di Pura, dan Buddha di Wihara.

– Rajin memberikan bantuan kepada orang yang tidak mampu.
Saling membantu merupakan salah satu contoh norma agama. Semua agama mengajarkan bahwa tolong-tolong menolong sesama manusia itu wajib hukumnya. Orang yang rajin memberikan bantuan akan diganjar pahala yang sangat besar disisi Tuhan YME.

– Tidak boleh mencuri, merampok, membunuh sesama manusia.
Semua agama mengajarkan larangan mencuri, merampok, dan membunuh sesama manusia. Perbuatan-perbuatan ini dapat berbuah dosa dan mendatangkan siksa diakhirat nanti bagi pelakunya.

– Menjauhi miras, narkoba, dan barang memabukkan lainnya.
Segala hal yang menghilangkan kesadaran dilarang dalam agama. Miras dan narkoba adalah barang yang dapat menghilangkan kesadaran manusia. Jika kesadaran hilang, maka dengan mudah dapat tercipta kekacauan. Tentu bertentangan dengan cita-cita tentram dan damai yang selalu didambakan manusia. Maka agama sangat keras melarangnya.

Sanksi Norma Agama

Pelanggaran terhadap norma agama akan mendapatkan sanksi berupa dosa. Pelanggaran terhadap norma agama berarti menentang perintah dan larangan Tuhan. Akibatnya, si pelanggar akan mendapat hukuman dari Tuhan di akhiran nanti.

Pelanggar norma agama dalam penetapan sanksinya ada 2 macam yakni:
1. Mendapatkan sanksi secara tidak langsung: yakni pelanggarnya baru akan menerima sanksinya nanti di akhirat berupa siksaan di neraka.

2. Mendapat sangsi langsung: yakni jika seseorang telah melanggar norma agama. baik mengakui sendiri di depan mufti atau hakim, atau kedapatan/tertangkap basah melakukan pelanggaran agama, dikenakan hukuman sesuai dengan pelanggarannya.

Demikian informasi mengenai pengertian norma agama dan contoh norma agama. Norma agama tentu sangat penting sekali dan berguna dalam membentuk karakter kebaikan seseorang. Semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat untuk anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar