Punya Ide Bisnis? Lakukan Segera!

Apa profesi dan pekerjaan anda sekarang? Apakah anda puas dengan kondisi anda sekarang? Apakah anda ingin menjajal keberuntungan dengan menjadi wirausaha mandiri? Apakah anda punya ide bisnis yang siap dijalankan untuk masuk ke dunia entrepreneur?

Yah, saat ini rasanya semakin banyak orang yang tertarik untuk membuka bisnis dan usaha sendiri. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan karena akan menambah jumlah wirausaha di Indonesia yang menurut data 2012 jumlahnya masih jauh dari angka ideal.

Sukses itu harus dikejar bukan ditunggu

Senin, 9 Juli 2012, bertempat di di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa idealnya sebuah negara memiliki pengusaha yang jumlahnya tak kurang dari dua persen total warga untuk memajukan perekonomian. “Sementara Indonesia baru 0,18 persen,” kata Hatta.

Baca Juga: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat E-Commerce Menurut Para Ahli

Jadi, ketika ada keinginan sebagian orang untuk membuka usaha sendiri tentu sebuah langkah bagus menuju kemajuan perekonomian Indonesia. Tetapi, sangat disayangkan ketika mereka yang punya ide bagus untuk sebuah peluang usaha tertentu ternyata hanya mentok di ide tanpa pernah berusaha mewujudkannya. Banyak ide tersimpan rapat dan hanya menjadi mimpi indah bagi pemiliknya karena tidak pernah direalisasikan akibat rasa takut yang berlebih akan kegagalan.

Sesuai judul diatas, Jika anda Punya Ide Bisnis? Lakukan Segera!

Tentu saja saya tidak sembarang menyuruh anda berbuat nekad sehingga anda akan merasa dijerumuskan ke dalam jurang. Saya katakan bahwa ada ‘syarat dan ketentuan berlaku’. Ide bisnis harus dihitung secara cermat nilai plus dan minusnya tetapi jangan terlalu berlebihan yang nantinya akan berujung pada ide tersebut tidak pernah terwujud.

Dunia bisnis memang penuh misteri. Kita tidak akan tahu ide seperti apa yang akan sukses di pasaran. Banyak ide sederhana yang berubah menjadi luar biasa dan menghasilkan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Mau tahu contohnya?

Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK)
Siapa sangka bahwa ide mengemas air putih bisa membawa keberuntungan besar bagi pemiliknya? Tapi, itu semua sudah terbukti. Ide yang (mungkin) dahulu dianggap aneh dan menjadi bahan tertawaan orang ternyata bisa mendatangkan sukses luar biasa. Air yang sudah dikemas dalam botol plastik membawa nilai tambah dan harganya naik tajam. Hal penting yang harus dicatat bahwa ide tersebut ternyata dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk terserap pasar hingga sekarang banyak merk air kemasan yang beredar dan bersaing merebut hati konsumen.

Baca Juga: 9 Fungsi dan Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan Lokal dan Multinasional

Apakah ide bisnis harus dijalankan dengan modal kapital besar?
Tidak! Asal tahu saja bahwa ada 90% calon entrepreneur yang awalnya memulai usaha dengan keterbatasan alias modal cekak! Seiring perjalan waktu bisnisnya akan berkembang dan ada yang tumbang. Mereka yang gigih memperjuangkan ide nya akan menuai hasil yan manis. Sedangkan mereka yang gagal akan mengeluarkan banyak alasan pembenaran.

Menurut saya, kunci utama dalam bisnis adalah ide segar yang diperjuangkan dengan serius dan pantang menyerah. Ide bisnis ibarat sebuah tanda tanya besar yang tidak kita ketahui jawabannya sebelum mencoba mewujudkannya. Benar begitu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *