Syarat Daftar Badal Haji Agar Ibadahnya Sah

Syarat Daftar Badal Haji Agar Ibadahnya Sah

Syarat Daftar Badal Haji Agar Ibadahnya Sah

Daftar badal haji adalah menjalankan ibadah rukun islam ke-5 ini dengan mewakilkan orang lain. Ibadah badal haji ini dilakukan oleh seseorang yang ditunjuk sebagai wakil untuk menjalankannya. Hal ini dilakukan karena orang yang diwakilkan tersebut dianggap sudah tidak sanggup lagi untuk menjalankan kegiatan haji, baik karena sudah meninggal atau sakit.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran ibadah haji. Berbagai syarat ini harus dipenuhi agar ibadah badal haji tersebut bisa sah sesuai dengan ajaran agama islam.

Jika Anda butuh informasi seputar pemberangkatan haji dan umroh, Anda bisa cek Ibadah Umroh di Pusat Umroh. Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja syarat yang harus dipenuhi pada saat akan mendaftar ibadah badal haji.

Berniat Ibadah Atas Nama Orang yang Diwakilkan

Syarat daftar badal haji pertama adalah berniat ibadah atas nama orang diwakilkan. Orang yang ditunjuk untuk menjadi wakil dalam berhaji harus bisa menjalaninya dengan ikhlas. Di samping itu, orang tersebut harus amanah dengan berniat bahwa ibadah haji tersebut atas nama orang yang diwakilkan.

Fisik Orang yang Diwakilkan Sudah Tidak memungkinkan Untuk Menjalankan Ibadah haji

Hal berikutnya termasuk syarat badal haji adalah kondisi fisik orang yang diwakilkan sudah tidak memungkinkan untuk menjalankan ibadah. Apabila seseorang mempunyai keinginan berhaji dan mampu secara ekonomi, namun ternyata sakit parah atau meninggal, maka bisa diwakilkan. Badal haji ini akan membuat kewajibannya menunaikan rukun kelima gugur.

Biaya Ditanggung Oleh Orang yang Diwakilkan

Pihak yang minta diwakilkan haru menanggung sebagian besar atau keseluruhan biaya untuk menjalankan ibadah haji. Apabila pihak yang diwakilkan merupakan orang yang sudah tiada, maka pihak ahli waris dapat menanggung biayanya. Pihak yang mewakilkan juga bisa membantu sebagian biayanya apabila ikhlas untuk melakukan badal haji.

READ  SOLUSI PERAWATAN WAJAH BERJERAWAT YANG MODERN DAN ALAMI

Diutamakan dari Lingkungan Keluarga yang Diwakilkan

Syarat daftar badal haji selanjutnya adalah disarankan diutamakan pihak yang mewakilkan berasal dari keluarga sendiri. Hal ini karena pihak keluarga tentu saja akan lebih mengetahui kemampuan dari yang akan diwakilkan. Di samping itu, pihak keluarga pada umumnya akan lebih amanah dan dapat dipercaya.

Hendaknya Tidak Ada Upah yang Menghajikan

Badal haji sebaiknya tidak dilakukan dengan memberikan upah kepada pihak yang mewakilkan. Memberikan upah bisa menimbulkan potensi pihak mewakilkan tidak melaksanakan badal haji dengan sepenuh hati, melainkan atas dasar materi. Oleh sebab itu, badal haji sebaiknya dilakukan oleh pihak keluarga yang ikhlas untuk mewakilkan.

Orang yang Menghajikan Harus Muslim dan Berakal

Syarat daftar badal haji berikutnya adalah orang yang mewakilkan harus sesama muslim agar ibadahnya sah. Di samping itu, orang yang menghajikan harus berakal agar bisa menjalankan serangkaian ibadah dengan benar. Persyaratan yang satu ini wajib dipenuhi agar ibadah bisa dijalankan dengan lancar dan dapat diterima sesuai dengan ajaran islam.

Niat untuk Satu Orang Saja

Pada saat menjalankan badal haji, niat untuk ibadah ini hanya atas orang yang diwakilkan saja. Pihak yang mewakilkan tidak boleh mencantumkan namanya dalam niat ibadah haji karena tidak sah. Apabila pihak yang mengajukan menyebut namanya dan orang yang minta diwakilkan secara bersamaan, maka keduanya tidak akan sah.

Daftar badal haji bisa dilakukan dengan lancar apabila Anda memenuhi berbagai persyaratan di atas. Pihak yang diwakilkan dan mewakilkan dalam badal haji agar ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar dan tenang. Anda bisa daftar haji dan Ibadah Umroh Di Pusat Umroh agar mendapatkan pengetahuan mumpuni dan bimbingan eksklusif seputar badal haji.

READ  PERBEDAAN PERANGKAT LUNAK DAN KERAS (SOFTWARE VS HARDWARE